Tentang Teknik Informatika ITS (1)

Sebelum menjadi mahasiswa di sini, dalam bayangan saya, Teknik Informatika itu ya pokoknya tentang komputer. Tanpa pernah tahu kalau ternyata kuliah di Teknik Informatika itu tidak sesederhana yang saya kira. *LOL* Ok, well, saya dulu memang tidak pernah punya alasan yang jelas untuk memutuskan memilih jurusan yang satu ini. Bahkan saya sendiri kadang merasa kebingungan ketika ditanya apa alasan saya memilih jurusan yang satu ini. Bermimpi jadi programmer? Jangankan bermimpi menjadi programmer. Bermimpi menjadi tukang pijit programmer saja tidak pernah terbesit dalam pikiran saya :D. Please deh, jangan ngaco kalau tanya. Masa anak ganteng aneh kayak saya ini ada tampang seorang progammer? :) Sebelum menuliskan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dalam pilihan jurusan ke-1 dan ke-2 di formulir pendaftaran SBMPTN 2.5 tahun yang lalu, jurusan psikologi, farmasi, kedokteran, pertanian, teknik kimia, dan teknik elektro memang sempat memikat hati saya. Namun semuanya tersisihkan ketika ada seorang teman yang memberi tahu saya bahwa di Teknik Informatika tidak ada Fisika. 😀 (*Note : Fisika = Mata pelajaran yang paling saya benci hindari karena saya memang punya hubungan yang kurang harmonis dengan mata pelajaran yang satu ini. :D)

Dan karena menurut saya Sistem Informasi itu masih satu saudara dengan Teknik Informatika, akhirnya Sistem Informasi saya tuliskan menjadi jurusan pilihan saya yang kedua. Tanpa pernah sadar kalau tindakan saya ini (kata teman-teman saya) adalah bunuh diri. Mengingat passing grade Teknik Informatika dan Sistem Informasi tidak berbeda jauh. Dan alhasil, setelah saya menjadi mahasiswa Teknik Informatika. Ternyata info yang saya terima ketika SMA tidak semuanya benar. Di sini saya masih berjumpa dengan fisika. 😀 Meski semenjak tahun 2009, fisika sudah dihapuskan dari dunia persilatan daftar mata kuliah yang tersedia di Teknik Informatika. Alasannya? Jangan tanyakan alasannya kepada saya karena saya sendiri tidak tahu alasannya.

Kalau boleh sedikit berspekulasi, mungkin karena mata kuliah fisika dasar memang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan mahasiswa Teknik Informatika. Atau tidak menutup kemungkinan juga, track record mahasiswa Teknik Informatika yang tidak pernah jarang sekali dapat nilai memuaskan untuk mata kuliah yang satu ini juga menjadi alasan dihapuskannya mata kuliah fisika dari bumi Teknik Informatika. :) Masih penasaran dengan kelanjutannya? Stay tuned guys, nantikan kelanjutannya di tentang teknik informatika part 2. Kuliah di Teknik Informatika itu nggak ada matinya! yang ada sekarat terus-terusan! 😀   ————————————————————————— Update : Tentang Teknik Informatika ITS (2) Tentang Teknik Informatika ITS (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

66 thoughts on “Tentang Teknik Informatika ITS (1)

  1. Talitha Reply

    Kak dulu waktu kakak daftar snmptn nilai un dipertimbangin gak kak? kalo ya dulu rata-rata nilai UN kakak berapa?

    • @kamuitubeda Post authorReply

      Aku dulu ikutnya tes tulis (SBMPTN). Kebetulan waktu zamanku dulu tes tulis itu namanya SNMPTN.

      Jadi, maaf ya, aku kurang tahu kalau soal kriteria penilaian yang ada di SNMPTN.

  2. Novi Reply

    Kak, “Kuliah di Teknik Informatika itu nggak ada matinya! Yang ada sekarat terus-terusan!” emang apa sih yang membuat kakak sekarat apakah ada mata kuliah yang susah atau gmna? Saya jadi penasaran sama jawabannya?

    • @kamuitubeda Post authorReply

      Hahaha. Ini cuma hiperbola aja sih. Yang jelas, kuliah di jurusan teknik itu nggak bisa sesantai kuliah di jurusan sosial.

      Karena tugas dan praktikumnya banyak. Selain itu kuliah di jurusan teknik juga harus sering belajar otodidak. Karena yang diajarkan di perkuliahan seringkali hanya dasar-dasarnya saja.

  3. Nadhia Regitasari Reply

    Nilai abang pas SMA gimana bang? Rata-ratanya berapa pas semester 5? Matematikanya berapa?

    • @kamuitubeda Post authorReply

      Kebetulan, saya dulu ikutnya tes tulis (SBMPTN).

      Tapi waktu kelas XII SMA, seingatku sih, nilai matematika, kimia, dan fisika rata-rata 9. cuma biologi aja yang kurang dari 9.

        • @kamuitubeda Post authorReply

          Waduh kalau lihat nilai apa aja aku juga kurang tahu, bro. Soalnya waktu SBMPTN kita juga nggak dikasih tahu berapa nilai yang kita dapat. Tahu-tahunya diterima gitu aja. Tanpa ada keterangan tentang nilai kita per bidang.

  4. naruma Reply

    bedanya TI , sama SI itu apa? Dilihat dri smua bidang, sudut, sisi, celah dst,
    maaf ane blom tahu,
    matur thanks

  5. Putrikeong771@yahoo.com Reply

    Aish. .ngikut coment !:3
    walag. .walag, .
    Kyak.a ambil jurusn TI,.bnyak jg keluh kesah.a. .
    Busxett !!
    Mati aku. .:-O
    taon ini,msuk kuliah ambil jrusn ini. .:-D
    trus terng aja,.sya bknlah ank xg memiliki prestsi gemilang dlm bdang matematika/fisika /pun logika. .hehehe
    tapi ambil jrusn ini, .truz terang krn pngilan hati

    • Ahsan Post authorReply

      Hehe. Bukan keluh kesah sih sebenarnya. Cuma uneg-uneg aja. 😀 (sama aja kali!)

      Semoga sukses dan lancar kuliahnya! :)

  6. Maesa Reply

    abis baca artikel ini engga tau harus nyesel apa bangga pilih teknik informatika -..- pencerahan please!

    • Ahsan Post authorReply

      Hmm… Makanya dari awal saya tekankan untuk mengetahui passion sebelum memilih jurusan. Soalnya passion itu yang paling menentukan cocok tidaknya kamu pada satu jurusan.

      • Maesa Reply

        yaa passion si insyaallah udah ada,tinggal berani ambil resiko kedepannya aja ini 😀

  7. Putri Utami D Reply

    oya bang minta masukan dong, kalo suka design, suka ngitung yang nggak rumit banget, suka ngotak atik sesuatu yang bikin penasaran. kira2 pantesnya ngambil jurusan apa ya?

    • Ahsan Post authorReply

      Waduh. Kok malah tanya saya? 😀

      Aku sendiri gak tahu banyak tentang jurusan lain. Tapi kalau aku saranin sih, mending pilih jurusan yang paling kamu sukai. Kalau kamu lebih suka menggambar daripada mengutak-atik komputer, sebaiknya kamu pilih jurusan desain.

      Tapi kalau kamu waktu SMA sudah mulai coba-coba bikin web, coba bikin aplikasi komputer, dlsb, aku saranin kamu masuk teknik informatika.

      Kalau cuma modal suka browsing, facebookan, twitteran, dan semacamnya, sebaiknya jangan pilih teknik informatika. :)

      Kalau nggak suka perhitungan yang rumit, jangan pilih teknik. Soalnya jurusan teknik itu nggak akan jauh-jauh sama matematika dan fisika.

  8. sarah al qibthiyyah Reply

    kak, aku kan cewe *loh, katanya kalo cewe jangan teknik informatika, emg bgitu ya?
    oh ya, kalo misalnya mw msk teknik informatika, apa pelajaran atau materi yg harus disiapin buat ancang” dr skrg ? makasih :))

    • Ahsan Post authorReply

      Hehe. Sebenarnya gak masalah juga sih. Asalkan memang itu passion kita.

      Tapi masalahnya, kerja di bidang IT itu berat. Kadang tugas di kantor bahkan sampai dilembur di rumah. Dan mungkin karena itu, jarang sekali ditemukan programmer cewek. Khususnya di Indonesia.

      Coba cari tutorial pemrograman terstruktur. Itu mata kuliah paling dasar di Teknik Informatika.

      Kuliah di teknik itu harus banyak mencoba. Soalnya kemampuan teknis itu harus diasah. Tidak bisa hanya ditulis dan dibaca.

  9. Sarah Azka Febrian Reply

    haah??? fisika di hapus dari dunia persilatan teknik informatika???hadeeuuuh gag mungkin BGT –” rumus untuk membuat komputer itu ya harus pkai fisika ciinn…
    algoritma, syntax dll apa tau dah..mangkanya w ga jadi ambil makul yg ini..setelah w taw mapelnya fisika,,beeeuuhhh * mundur teratur –“

    • Ahsan Post authorReply

      Saya tidak mau berdebat. Saya hanya mengemukakan apa yang saya tahu. Di teknik informatika ITS, mulai tahun 2009 sudah tidak ada mata kuliah fisika.

      Tolong diingat bahwa saya hanya menyebut ITS. Bisa jadi, di kampus-kampus lain berbeda. Maka dari itu, saya menyebut ITS agar tidak salah paham.

      Terima kasih atas tanggapannya. :)

  10. Joko Kendil Reply

    kk, apakah di jurusan Teknik Informatika ini sangat mengharuskan kita untuk pandai dalam berbahasa inggris???
    soalnya, tingkat kepahaman saya dalam berbahasa inggris masih kurang..
    apakah hal ini sangat mempengaruhi proses belajar saya nantinya? khususnya di mata kuliah teknik informatika?

    • Ahsan Post authorReply

      Tidak juga. Tapi sebaiknya bisa sedikit-sedikit, meskipun pasif. Karena sebagian besar diktat (buku pelajaran) yang digunakan adalah buku terbitan luar negeri.

      Selain dari buku terbitan luar negeri, senjata utama mahasiswa teknik informatika adalah google. Karena di internet ada banyak sekali sumber-sumber informasi yang bisa digunakan untuk belajar. Khususnya di bidang teknik informatika.

      Maka dari itu, kemampuan reading mutlak diperlukan untuk memahami materi dari buku maupun dari internet.

      Untuk kemampuan speaking, listening, dan writing, itu cuma opsional saja.

      Kurang lebih begitu.

    • Ahsan Post authorReply

      Lebihnya? lebih susah! :)

      Hehe, bercanda.
      Kalau lebihnya sih, lulusan IT bisa lebih mandiri soal pekerjaan. Materi yang dipelajari selama kuliah memungkinkan lulusan IT untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri sebagai seorang developer maupun seorang freelancer.

      Sebagai gambaran awal, lulusan IT itu bisa membuat website, bisa membuat aplikasi, bisa membuat game, bisa menjadi peneliti, menjadi dosen, dan lain sebagainya.

      Kesempatan berkreasi bagi lulusan IT sangat luas. Apalagi di era keemasan teknologi informasi seperti saat ini.

      Kelebihan yang lainnya adalah sebagian besar perusahaan pasti mempunyai divisi IT. Sehingga, lapangan kerja yang ada bagi lulusan IT pun lumayan berlimpah dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain.

      Kalau melihat kelebihan dan kekurangan sih sebenarnya semua jurusan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

      Kekurangan jurusan IT adalah hampir sebagian waktumu akan dihabiskan di hadapan komputer. Dan mungkin karena ini pula, hampir sebagian besar mahasiswa IT adalah orang-orang yang sedikit anti sosial.

      Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan melalui postingan.

    • Ahsan Post authorReply

      Kalau fisdas I sih hanya seputar kinematika dan mekanika. Kalau fisdas II kurang tahu, soalnya saya cuma dapat fisika dasar I. 😀

  11. erni Reply

    kalo boleh tau materi apa yang d pelajari d teknik informatika ??
    kira-kira sulit nggak ya.. ???
    saya pengen tau tentang jurusan ini mas mohon d bantu.
    makasih. :)

    • Ahsan Post authorReply

      Materinya sih banyak seputar matematika, logika, dan pemrograman.

      Hampir semua mata kuliah selalu berhubungan dengan 3 hal tersebut.

      Soal sulit atau nggaknya, itu relatif. Tapi kalau memang benar-benar berminat dan berniat untuk belajar, sesulit apapun pasti bisa kok.

      Hanya saja, jurusan ini tidak direkomendasikan bagi siswa yang tidak suka dengan matematika dan kemampuan logika.

      Dan saya rasa, rata-rata perempuan lebih cocok masuk jurusan sistem informasi atau teknik industri daripada teknik informatika.

      • erni Reply

        oohh gitu ya mas..
        emangnya kalo perempuan masuk jurusan teknik informatika knapa mas ???
        apa memang di jurusan tersebut kebayakan laki-lakinya ?

        • Ahsan Post authorReply

          Hmmm… gimana ya.

          Kalau jumlah mahasiswinya sih lumayan. Mungkin sekitar sepertiga dari total mahasiswa teknik informatika adalah perempuan. Kalau sistem informasi dan teknik industri biasanya 50:50 jumlah mahasiswa dan mahasiswinya.

          Kalau menurut pendapatku pribadi sih, kerjanya seorang programmer itu lumayan berat.

          Dan terbukti, sebagian besar mahasiswi teknik informatika setelah lulus kuliah jarang ada yang jadi programmer. Karena memang beban kerjanya terlalu berat. Rentan stres karena selalu dikejar deadline.

          Kalau sistem informasi kan lebih banyak ke manajemennya. Begitu pula teknik industri.

          *) Ini kenapa saya malah mempromosikan sistem informasi sama teknik industri ya? 😀

          Untuk lebih jelasnya silakan tanya via email, YM, atau fb saja, mbak. Biar lebih enak.

  12. Pingback: Mencari Apa di Teknik Informatika? « Kamu Itu Beda

  13. Pingback: Tentang Teknik Informatika ITS (3) « Kamu Itu Beda

    • aji Reply

      kenapa anda selelu mengeluh ? karna dari awal tanpa anda sadari anda telah mempelajari teknik mengeluh bukan teknik informatika maka dari itu yg kalian posting hanya kata” keluhan saja dan emang bener anda salah ambil jurusan informatika seharusnya anda ambil jurusan teknik keluhan pasti anda berhasil dengan nilai IP lebih dari 4. Dan helllooooowww 2012 mau ngeluh mau makan apa anak dan istri besok ????????????

      • Ahsan Post authorReply

        Halo mas aji :)

        Terima kasih atas komentarnya ya. 😀

        Tapi sebelumnya, saya mau mengklarifikasi dulu nih, ngomong-ngomong bagian mana dari tulisan saya yang berisi keluhan ya? saya kurang paham soalnya dengan ‘keluhan’ yang mas maksud.

  14. bayu Reply

    sama mas bro , aku malah menginjak semester 2 ini dapat fisika ga tau mau dibawa kemana nanti sama pelajaran ini #%^*$#%

  15. youni ta Reply

    kq kbayakn pd mengluh yaa.. msuk d TI, bknkh itu ksemptan dr yg maha kuasa untuk qt syukuri???????????????????

    • Ahsan Post authorReply

      hehe, bukan mengeluh sih. cuma sekadar sharing info aja kok. bahasanya aja emang dibuat kayak gitu. biar seru. :)

      kalau masalah disyukuri ,dari awal memang sangat bersyukur bisa kuliah di Teknik Informatika ITS yang diperebutkan oleh lebih dari 3000 orang tiap tahunnya. :)

      apalagi banyak juga saudara kita di luar sana yang ingin melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi tapi gak bisa.

      *pesan dari postingan ini:
      ketahui dulu sampai tuntas jurusannya sebelum memilihnya. biar gak ngerasa salah jurusan nantinya. 😀

  16. liee Reply

    sbegitu sengsarany kah kuliah di TI its mas?
    waduwh sya jdi smakin bngung pilih jurusan…
    sya jga blom tau apa2 ttg programming..
    ksih saran dong mas.. thanks_

    • Ahsan Post authorReply

      Nggak juga sih sebenarnya. Apalagi di sini juga banyak teman-teman yang menyenangkan.

      Sesulit apapun kuliahnya, kalau dijani bersama pasti nggak begitu terasa kok.

      Kalau mau tanya-tanya lebih jauh. Silakan contact saya via email atau YM saja. Biar lebih bebas tanyannya.

      Email saya : saad.ahyat.hasan@gmail.com
      YM : es42_d_ace

      Semoga bisa membantu.

  17. WaOnEmperoR Reply

    Setubuh, I can advance mathematics but I cannot applied it in Physics…T.T